Berhasil atau Gagal Sudah Biasa

2024 - Quarter 1 - Tanpa Capaian

TLDR

Jadi, sepanjang awal tahun ini saya memang sedang memulihkan beberapa hal, yang utama adalah penghidupan doa saya. Kedua adalah penghidupan pembacaan buku rohani saya. Ketiga adalah memperbaiki penghidupan sehari-hari saya baik itu jadwal olahraga, pembacaan buku, dll.

Target Pertama

Saya tidak bisa bilang bahwa penghidupan doa saya sudah sepenuhnya pulih. Masih bolong-bolong, masih tidak sesuai jadwal, masih tidak secara "natural". Tetapi, saya sudah mendapatkan beberapa manfaatnya, seperti saya semakin jelas mengenai tujuan saya, semakin jelas mengenai apa yang seharusnya saya lakukan, semakin jelas dalam penghidupan sehari-hari saya. Bayangkan saja, sebelumnya saya hanya biasa-biasa saja dalam melakukan apapun. Hanya fokus dengan jadwal dan pikiran saya. Selama sesuai jadwal, berhasil, selama tidak sesuai, tidak berhasil. Semua hanya dalam benar dan salah.

Target Kedua

Target kedua adalah "follow up" dari target pertama. Saya tidak serta merta memimilih buku dan asal membaca buku rohani. Saya memastikan untuk berdoa dan agar Tuhan memberikan perasaan kepada saya untuk buku rohani mana yang seharusnya saya baca terlebih dahulu.

Saya ingat saat saya hanya memilih buku berdasarkan pemikiran saya, penglihatan situasi saya. Saya tidak pernah bisa menghabiskan dalam pembacaan buku rohani saya.

Berbeda dengan saat ini, ada beberapa judul buku yang akhirnya bisa saya habiskan. Saya habiskan ini bukan berarti membaca sekilas dan lewat begitu saja. Namun, pembacaan yang memang saya menikmati Tuhan dalam pembacaan buku rohani tersebut.

Saya menekuni beberapa buku berikut,

  1. Riwayat Hidup dari Seorang di Dalam Roh - Witness Lee

  2. Berdoa tanpa Henti & Hidup di Dalam Roh - Witness Lee

  3. How to Enjoy God and How to Practice the Enjoyment of God - Witness Lee

Saya menerima banyak bantuan dari buku-buku tersebut, memulihkan sedikit demi sedikit penghidupan rohani saya. Saya sangat menyarankan untuk mendoakan buku apa yang memang perlu Anda baca untuk membantu penghidupan rohani Anda.

Target Ketiga

Target ketiga ini mungkin masih sedikit abu-abu. Saya tidak bisa bilang berhasil, tidak bisa bilang tidak berhasil. Beberapa hal mungkin sudah menemukan jadwal yang tepat, sebagian lagi tidak. Itu terjadi karena dinamika jadwal saya yang tidak menentu. Walaupun ada beberapa jadwal yang mungkin sudah jelas, namun itu tidak bisa menentukan beberapa jadwal lain yang memang secara "natural" berupa dinamis.

Ada beberapa hal yang saya harapkan lebih konsisten, yaitu pengaturan uang. Namun, ini hanya terjadi di 2 bulan awal, pada bulan Maret, saya benar-benar tidak bisa melakukannya dengan baik dikarenakan berbagai hal seperti saya terlalu banyak pikiran pekerjaan, dll.

Saya menyadari, target pertama saya belum terlalu berhasil karena saya pada bulan Maret ini masih terlalu banyak jatuh dalam pikiran saya. Overthinking masih dijumpai dalam beberapa kasus sehingga saya mengalami beberapa kegagalan terutama dalam pekerjaan saya.

Lord, it seems
That I fail and fail again.
I see Your face,
But then the veils return again.
Emotion’s stirred, but there’s no change in me.
I’m living in my soul; I have to learn
A little more, each day, O Lord, to turn.

Source: https://www.hymnal.net/en/hymn/ns/856

Ya, kidung ini yang mengingatkan saya, saya masih sering menggunakan pikiran saya dan tidak berpaling. Oh Tuhan! Palingkan saya sedikit demi sedikit, setiap hari!

Simpulan dan Tambahan

Singkatnya, saya tidak mau terlalu membahas pekerjaan saya maupun target lainnya. Ya, walaupun saya berhasil di satu ujian sertifikasi pada bulan Januari, namun tidak berhasil pada ujian bulan Februari. Saya berencana Maret untuk tidak terlalu sibuk, namun ternyata saya sibuk dengan pikiran saya sendiri, menjadikan saya cukup gagal dalam banyak hal.

Bulan April ini, saya tidak bisa seperti saya yang dahulu. Saya perlu kembali memulihkan penghidupan saya. Sekilas apa itu pulih.

kembali menjadi semula; menjadi baik (baru) lagi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pulih

Iya, saya ingat pada saat saya pertama kali diselamatkan. Saya begitu menuntut, namun karena sibuknya pendidikan maupun pekerjaan menyebabkan saya hilang dalam beberapa poin. Saya ingin kembali memulihkan beberapa poin yang terhilang tersebut.

Tambahan

Akan saya tambahkan di tulisan berikutnya, jika saya mengingatnya dan mau saya bagikan. Ehe~!

...

Spoiler dikit. Ya intinya ada berkaitan dengan tujuan saya di tahun 2024 ini. Ini baru 1 per sekian dari tujuan saya. Saya tidak akan bagikan sampai saya sudah bisa membagikannya. (:

Nih spoiler sedikit...

Ada "sub"-topik yang sengaja saya tidak tampilkan ya. Itu rahasia. Hehehe... :)


Yuk, semangat!